Wednesday, February 27, 2013

Software Monitoring Siswa Lab Komputer

Sofware Monitoring Siswa Lab Komputer ada banyak sekali yang bisa kita gunakan Clasrom SPY, NetOp School, dll. namun disini saya kita akan mengenal dua software yang hampir sama yaitu NetOp School dan Netsupport Sechool dari nama kelihatan bahwa ada kesama dalam produk namun diantara dua software tersebut terdapat beberapa perbedaan dan yang perlu digariswahi NetOp tidak support Win7 Netsupport support XP dan Win 7 berikut penjelasaan selengkapnya:

NetSupport :
Pembagian manfaat Aplikasi Net Support School menjadi 3 yaitu : 1. Untuk kegiatan pembelajaran Manfaat Aplikasi Net Support School untuk pembelajaran antara lain:

  1. Manage Student Internet Access Yaitu membatasi akses pada komputer siswa / client untuk situs-situs tertentu 
  2. Manage Student Aplikasi Membatasi penggunaan aplikasi pada komputer siswa / client utnuk aplikasi-aplikasi tertentu 
  3. Presentasi menggunakan whiteboard monitor Guru / Instruktur dapat memanfaatkan fungsi whiteboard monitor seperti whiteboard pada umumnya yang digunakan pada pembelajaran di kelas. Tools-tools pada whiteboard monitor fungsinya untuk menulis, menggambar, membuat bangun dan lain-lain. 
  4. Student Register Fungsinya untuk mereport data siswa yang ada dalam kelas. 
  5. Show Screen Fungsinya untuk memperlihatkan desktop monitor pada komputer server / instruktur. Secara otomatis akan mengunci fungsi keyboard pada
  6. Scan Monitor Fungsinya untuk mendetect monitor client yang aktif satu persatu. Melihat / memonitor komputer siswa dan aplikasi apa yang dijalankan. 
  7. File Transfer Guru / instruktur dapat mentransfer file dari komputer server ke komputer client tertentu dan juga terdapat ditribusi file dari komputer server ke semua komputer client. 
  8. Send / Colect Send / colect berfungsi untuk mengirim dan meng-colect file yang sudah atau akan dikirim ke komputer client dan file tersebut bisa diambil oleh komputer server lagi dengan syarat nama file tidah diubah atau disamakan filenya dari semua client. Tool ini berguna pada saat guru mengadakan ujian. Jadi pada waktu ujian selesai, guru / instruktur tidak perlu satu persatu menarik jawaban secara manual. 
  9. Lock / Mengunci Komputer Client Fungsinya untuk mengunci komputer, keyboard serta mouse client. Siswa tidak bisa menggunakan komputernya kecuali pada saat pembelajaran atau instruktur meng-unlock kembali semua komputer client
  10. CO-Browse and Blank All : Co-Browse adalah menampilkan jendela browser yang dibuka dari server ke client, dan apa saja yang diakses dari sever akan tampil pada monitor client. Sedangkan untuk block all adalah cara instruktur untuk memblok atau memutus akses internet ke semua client.
  11. Blank All Student Screen : Blank all student screen membuat tampilan desktop pada komputer client menjadi hitam atau blank. Siswa tidak bisa menjalankan aktivitas apapun pada komputernya.
  12. Communicate : Fungsi tool ini adalah untuk menghubungkan komunikasi antara antara Guru / instruktur dari server ke komputer student / client dengan chat, message dan announce
  13. Lesson Plan : Lesson plan untuk penjadwalan kelas. Terdapat dua fungsi yaitu execute plan dan manage plan. Execute plan untuk memulai kelas baru dan manage plan untuk menjadwal kelas berikutnya pada hari yang sama. Monitoring komputer Aplikasi Net Support School bermanfaat untuk guru / instruktur untuk desktop monitoring pada komputer siswa. Guru / instruktur dapat memantau apa saja yang di buka oleh siswa pada saat kegiatan belajar. Jadi, jika ada anak yang membuka program lain diluar topik pembelajaran maka guru bisa mengingatkan atau memblok komputer siswa. Perawatan komputer Sistem defrag disk dan scan disk bisa dilakukan oleh komputer server secara otomatis melalui manage aplikasi.
  14. Test  : melakukan ujikompetensi secara menyeluruh dan serentak dan hasilnya langsung bisa dilihat dari masing-masing perserta didik / siswa.

Tampilan Netsupport :

No comments:

Post a Comment