Thursday, September 24, 2015

Inovasi Produk Dan Entrepreneurship Teknologi Informasi

  1. Pengertian Inovasi, Inovasi Produk dan Entrepreneurship

    Inovasi adalah suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Orang atau wirausahawan yang selalu berinovasi, maka ia sapat dikatakan sebagai seorang wirausahwan yang inovatif.

    Inovasi produk merupakan suatu proses yang berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Permasalahan yang sering terjadi di dalam bisnis adalah : produk yang bagus tetapi mahal atau produk yang murah tetapi tidak berkualitas.


    Entrepreneurship adalah jiwa kewirausahaan yang dibangun bertujuan untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneurship meliputi pembangunan / pembentukan sebuah perusahaan baru, kegiatan kewirausahaan juga merupakan kemampuan managerial yang diperlukan oleh seorang entrepreneur.

    2. Kaitannya dengan Teknologi

    Inovasi sering dikaitkan dengan sebuah pemikiran atau hal baru. Inovasi merupakan sebuah langkah terus menerus sebagai sebuah proses untuk memenuhi aspek deman dari berbagai kalangan terkait dengan sebuah produk tertentu. Inovasi seringkali menjadi ikon sebuah produk yang ada maupun produk baru (mutakhir) yang menandakan sebuah pembuat atau pabrik telah melakukan langkah inovasi melalui pesan tidak langsung melalui produk yang dihasilkannya. Artinya sebuah perusahaan berusaha mendapatkan pembeli melalui sebuah produk baru (inovasi). Sebagai contoh teknologi yang sekarang booming adalah teknologi yang telah diprediksi oleh sang inovator, contohnya adalah OS Android yang digagas oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White pada oktober 2003, mereka membuat gagasan tersebut karena dapat membaca peluang bahwa akan ada saatnya trend beralih ke mobile device.

    IT Sector with Large Economic Impact
    (sumber : Handout Creative Industry - ICT . Bagian 1 pada Slide ke - 3, Prof. Dr. M. Suyanto, M.M.)
    Gambar di atas merupakan penggambaran bagaimana berkembangnya Industri IT, bagaimana kita lihat akhir-akhir ini perkembangan yang sedang maju adalah mobile dan cloud computing. Berdasarkan hal tersebut maka ada pendapat bahwa trend penggunaan teknologi tidak lepas dari teknologi mobile, cloud dan broadband. Sehingga ada yang memprediksi terjadinya kiamat PC, Seperti dikutip dari BGR, lembaga riset IDC memperkirakan angka pengapalan PC secara global akan terus menciut sepanjang 2013 sehingga mengalami penurunan 7,8 persen dibanding tahun lalu.

    Perkembangan yang terjadi pada sector IT pada gambar 1 dapat menjadi tolak ukur pada inovasi yang kita lakukan. Seperti sector AI & robotic yang saat ini belum masuk ke pasar besar, mungkin karena hanya untuk industry besar, bisa saja kita membuat inovasi yang memanfaatkan sektor tersebut sehingga dapat masuk ke semua industry dan merubah pola hidup masyarakat.

    Jadi jika anda tertarik berwirausaha atau menjadi innovator, silahkan pilih apakah anda akan mengikuti trend pasar yang sudah ada atau anda akan membuat trend baru. Dan jangan lupa bahwa untuk mencapai keberhasilan tidak dapat instant, harus melalui proses panjang. Untuk itu harus memiliki personal attribute (mental, keinginan) yang baik dan environment factor (lingkungan/keluarga/teman) yang mendukung semua itu. Seperti yang ditulis pada Entrepreneur are not born-they develop (Hisrich-Peters 1995:13) bahwa untuk menjadi seorang entrepreneur handal itu tidak dapat diajarkan adalah sebuah pendapat yang salah.

    Jadi dengan kemampuan ber-inovasi dan memiliki jiwa Enterpreneurship serta memilki pengetahuan di bidang teknologi, kita memiliki modal yang kuat untuk terjun ke dalam dunia bisnis.

    Sumber:
    Handout Creative Industry - ICT . Bagian 1 pada Slide ke - 3, Prof. Dr. M. Suyanto, M.M.
    http://definisimu.blogspot.co.id/2012/08/definisi-inovasi.html
    http://temukanpengertian.blogspot.co.id/2013/06/pengertian-entrepreneurship.html
    http://blogs.unpas.ac.id/fajar/2014/08/20/inovasi-produk-dan-entrepreneurship-teknologi-informasi/
    https://uqisyauqi77.wordpress.com/2014/08/20/inovasi-produk-dan-entrepreneurship-teknologi-informasi/

    No comments:

    Post a Comment